04 April 2014

Muhammad Qutb, Ulama dan Adik Sayyid Qutb Meninggal Dunia

RIYADH, muslimdaily.net, - Innalilllahi Wa Inna Ilaihi Rojiun, Muhammad Qutb salah satu tokoh pendiri Ikhwanul Muslimin dan saudara dari ulama terkemuka Sayyid Qutb, telah meninggal di rumah sakit di Mekkah pada usia 95, demikian lansir worldbulletin.net.





Muhammad Qutb lahir di desa Musha dekat Asyut pada tahun 1919. Dia ditangkap bersama kakaknya Sayyid pada tahun 1965 ketika mereka dituduh berkomplot untuk menggulingkan rezim sekuler pada jaman presiden Gamal Abdul Nasser. Setelah Sayyid Qutb dieksekusi, Muhammad Qutb bisa terhindar dari eksekusi hukuman mati.

Setelah dibebaskan pada tahun 1972, bersama anggota Ikhwanul Muslim lain beliau mengungsi di Arab Saudi. Di sana kemudia ia menerbitkan buku Sayyid Qutb dan menjadi profesor Studi Islam di Ummul Qura Mekkah dan Universitas King Abdul Aziz Jeddah.





Dalam situs wikipedia, Usamah bin Ladin dan Ayman Al-Zawahiri sering mengikuti kajian yang diampu oleh Muhammad Qutb di Jeddah. Bahkan Usamah dikabarkan pernah merekomendasikan umat Islam untuk membaca salah satu karyanya yakni 'Salah Paham Terhadap Islam'.


Beliau merupakan salah seorang pemikir muslim atau intelektual muslim tingkat dunia yang cukup tersohor. Selain dikenal sebagai pakar teologi, pakar pemikir Islam, beliau juga dikenal sebagai pemikir pendidikan Islam.


dapatkan buku percuma karangan syekh Muhammad



Karya yang monumental antara lain 'Jahiliyyah Abad 20'. Pemikiran Muhammad Qutb banyak terinspirasi dari sang kakak. Menurutnya Sayyid Qutb adalah kakak sekaligus guru baginya. [rmd]